Selasa, 20 Februari 2024

Latihan Soal OSN IPA SD Bagian 2

Selamat datang dalam latihan soal untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA tingkat Sekolah Dasar (SD)! Kami telah menyusun rangkaian soal pilihan ganda yang menantang untuk membantu Anda mempersiapkan diri secara maksimal.

Latihan Soal OSN IPA SD Bagian 2

LATIHAN SOAL OSN IPA SD BAGIAN 2


Dalam latihan ini, Anda akan menemui berbagai jenis pertanyaan yang dirancang untuk menguji pemahaman Anda akan konsep-konsep dasar dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tidak hanya itu, latihan ini juga akan membantu Anda memperdalam pemahaman Anda tentang berbagai fenomena alam dan konsep-konsep sains yang penting. Tautan di bawah ini akan mengarahkan Anda ke Google Form yang berisi kumpulan soal pilihan ganda. Mohon luangkan waktu untuk menjawab setiap pertanyaan dengan cermat dan teliti.

Contoh soal

Contoh soal OSN IPA sebagai berikut:
21. Konsumen yang memakan produsen adalah…
a. Produsen
b. Karnivora
c. Herbivore
d. detrivor

22. Contoh komponen abiotic yang mempengaruhi komponen biotic adalah…
a. Tanah yang dihuni cacing tanah menjadi subur
b. Tanah yang kurang air menjadi tandus
c. Suhu yang tinggi mematikan organisme
d. Suhu yang rendah mematikan organisme

23. Berikut yang membedakan antara hewan vertebrata dan invertebrata adalah….
a. Vertebrata memiliki tulang sedangkan Invertebrata tidak
b. Vertebrata hidup di air sedangkan invertebrata hidup di darat
c. Vertebrata memiliki sayap sedangkan invertebrata tidak
d. Vertebrata memiliki tulang belakang sedangkan Invertebrata tidak

24. Bagian darah yang berfungsi mengangkut oksigen adalah…
a. Trombosit     
b. Leukosit  
c. Plasma darah      
d. Eritrosit

25. Daun memilki fungsi bermacam-macam,antara lain tersebut di bawah ini, kecuali tempat terjadinya… .
a. pertukaran O2 dan CO2
b. transpirasi atau penguapan
c. fotosintesis
d. penyerapan air dalam tanah

26. Berikut ini adalah contoh bahwa antarkomponen biotik dalam ekosistem terjadi saling ketergantungan, kecuali….
a. Belalang memerlukan rumput sebagai makanannya
b. Hewan jantan memerlukan hewan betina untuk perkawinan
c. Kacang tanah menyuburkan tanah
d. Jamur membusukkan bangkai hewan

27. Di antara individu sejenis tidak pernah ditemukan yang sama persis untuk semua sifat. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan…. 
a. induknya
b. jenisnya
c. lingkungan dan gen
d. gen dan plasma nutfah

28. Berikut yang merupakan hewan mamalia adalah….
a. Kura-kura
b. Ikan
c. Singa
d. Ular

29. Perbedaan yang ditemukan di antara sesama ayam dalam satu kandang disebut….
a. Evolusi
b. Adaptasi
c. Variasi
d. Keanekaragaman

30. Organisme yang berperan sebagai produsen dalam ekosistem laut adalah…
a. Zooplankton
b. Phytoplankton
c. Ikan-ikan kecil
d. Ikan-ikan besar

Peristiwa tersebut meunjukan bahwa cahaya memiliki sifat....
31. Perhatikan gambar berikut!
Peristiwa tersebut meunjukan bahwa cahaya memiliki sifat....
a. Dapat menembus benda bening
b. Dapat berubah menjadi pelangi
c. Dapat diuraikan/dispersi
d. Bergerak lurus di langit


32. Jarak rumah Adi ke sekolah adalah 1 km. Jika kecepatan bersepeda Adi adalah 10 km/jam, maka Adi sampai di sekolah selama….
a. 0,1 jam
b. 0,2 jam
c. 0,3 jam
d. 0,4 jam

Jika saklar 1 tertutup dan saklar 2 terbuka, maka yang akan terjadi adalah....

33. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!
Jika saklar 1 tertutup dan saklar 2 terbuka, maka yang akan terjadi adalah....
a. Semua lampu padam
b. Semua lampu menyala
c. Lampu 2 dan 3 padam sedangkan lampu 1 menyala
d. Lampu 2 dan 3 menyala sedangkan lampu 1 padam


Berdasarkan gambar, magnet dapat dibuat dengan cara....
34. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar, magnet dapat dibuat dengan cara....
a. Didekatkan dengan magnet lain/induksi
b. Digosok
c. Dialiri arus listrik
d. Digantung bersama magnet lain





35. Di langit Matahari tampak berpindah tempat dalam setahun. Pada bulan juni Matahari hari tampak di langit utara, bulan oktober tampak di atas langit Yogyakarta, dan di bulan Desember tampak di langit Selatan. Peristiwa tersebut merupakan efek….
a. rotasi bumi dari timur ke barat
b. rotasi bumi dari barat ke timur
c. revolusi bumi yang miring terhadap matahari
d. revolusi bumi mengelilingi matahari

36. Bu Tina jualan es buah di halaman sekolah saat hari ulang tahun sekolah. Suasana saat itu panas terik, dan bu Tina meletakan es batu di sebuah mangkuk. Peristiwa yang tidak mungkin terjadi pada es batu tersebut adalah….
a. es batu mencair karena terkena panas
b. es batu meleleh karena terkena panas
c. es batu menguap karena terkena panas
d. es batu menyublim karena terkena panas

37. Anton mendorong meja ke arah barat dengan gaya 150 N. Saat yang sama Tina mendorong meja tersebut dengan gaya 100 N ke arah timur. Akibat yang mungkin akibat tarikan Yudi dan Ani tersebut adalah….
a. meja bergeser ke arah barat
b. meja bergeser ke arah timur
c. meja diam di tempat karena di tarik pada arah yang berlawanan
d. meja bergeser ke barat kemudian ke timur secara bergantian

38. Andi mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 50 km/jam ke arah utara. Jarak yang ditempuh setelah bergerak selama 30 menit adalah….
a. 10 km
b. 20 km
c. 25 km
d. 50 km

39. Gaya gesek merupakan gaya aksi dan reaksi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari baik yang sifatnya menguntungkan maupun merugikan. Berikut adalah contoh gaya gesek yang sifatnya merugikan adalah … .
a. gaya gesek antara kaki dengan permukaan jalan
b. gaya gesek pada rem kendaraan
c. gaya gesek antara ban mobil yang dibuat bergerigi dengan permukaan jalan agar tidak tergelincir ketika jalan licin
d. gaya gesek antara ban mobil dengan jalan mengakibatkan ban mobil cepat tipis dan aus

40. Pagi hari Adi minum susu dan makan roti, setelah itu ia ke sekolah dengan bersepeda. Sesampainya di sekolah ia merasa haus dan berkeringat.
Pada peristiwa tersebut terdapat perubahan energi yaitu….
a. energi makanan menjadi energi bersepeda
b. energi kimia menjadi energi gerak
c. energi susu menjadi energi gerak
d. energi gerak menjadi keringat


Latihan soal

Silakan latihan soal OSN melalui formulir berikut
   

Penutup

Setelah selesai mengerjakan soal-soal, Anda akan mendapatkan umpan balik yang berguna untuk mengevaluasi pemahaman Anda. Jangan ragu untuk memanfaatkan latihan ini sebaik mungkin untuk meningkatkan kesiapan Anda menghadapi kompetisi OSN IPA SD. Selamat belajar dan semangat!


Tertarik mencoba lainnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Terbaik Untuk Pengunjung

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS Pengertian Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah merupakan for...

Postingan Terpopuler