Selasa, 20 Februari 2024

Latihan Soal OSN IPA SD Bagian 1

Selamat datang dalam latihan soal untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA tingkat Sekolah Dasar (SD)! Latihan ini disusun untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi kompetisi OSN IPA SD dengan lebih baik. Terdapat berbagai macam soal pilihan ganda yang akan Anda hadapi dalam latihan ini. Setiap soal dirancang dengan cermat untuk menguji pemahaman Anda tentang berbagai konsep dan teori dalam mata pelajaran IPA.

Latihan Soal OSN IPA SD Bagian 1

LATIHAN SOAL OSN IPA SD BAGIAN 1


Contoh soal

Contoh soal OSN IPA sebagai berikut:
1. Golongan darah yang tidak memungkinkan dijumpai pada keturunan dari pernikahan antara wanita bergolongan darah A yang menikah dengan seorang pria bergolongan darah AB adalah …
a. A
b. B
c. O
d. AB

2. Penyakit yang dapat diturunkan pada keturunannya adalah ….
a. Butawarna dan hemofilia
b. Hemofilia dan anemia
c. Buta warna dan gagal ginjal
d. Gagal ginjal dan anemia

3. Berikut merupakan perbedaan antara makhluk hidup dan benda tak hidup adalah….
a. Makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang, sementara benda tak hidup tidak
b. Makhluk tak hidup dapat bergerak, sementara benda hidup tidak
c. Makhluk hidup memiliki warna, sementara benda tak hidup tidak
d. Makhluk hidup memiliki bentuk, sementara benda tak hidup tidak

4. Bagaimana proses pernapasan pada manusia dibanding tumbuhan?
a. Manusia mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, sedangkan tumbuhan mengambil karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen
b. Manusia dan tumbuhan melakukan pernapasan dengan cara yang sama
c. Manusia dan tumbuhan tidak perlu melakukan pernapasan
d. Manusia dan tumbuhan mengambil oksigen dari air

5. Bagaimana reproduksi aseksual berbeda dengan reproduksi seksual pada makhluk hidup?
a. Reproduksi aseksual melibatkan dua orang induk yang berbeda, sementara reproduksi seksual melibatkan satu induk
b. Reproduksi aseksual menghasilkan keturunan yang identik dengan induknya, sementara reproduksi seksual menghasilkan keturunan dengan variasi genetik
c. Reproduksi aseksual hanya terjadi pada tumbuhan, sementara reproduksi seksual hanya terjadi pada hewan
d. Reproduksi aseksual lebih lambat daripada reproduksi seksual

6. Berikut merupakan  cara makhluk hidup untuk bertahan hidup secara struktur dan fungsi tubuhnya adalah….
a. Tumbuhan putri malu mengatupkan daunnya ketika disentuh
b. Kaktus mengurangi luas permukaanm daunnya
c. Cumi-cumi mengeluarkan tinta ketika diserang
d. Pohon jati menggugurkan daun saat musim kemarau

7. Peran bakteri dalam suatu ekosistem adalaah sebagai….
a. Menyediakan oksigen untuk organisme lain
b. Menghasilkan energi melalui fotosintesis
c. Mendekomposisi bahan organik yang mati
d. Berperan sebagai hewan pemangsa dalam rantai makanan

Cendrawasih berasal dari….

8. Cendrawasih berasal dari….
a. Sumatera
b. Papua
c. Jawa
d. Kalimantan






Berdasarkan gambar di atas, berdasarkan bentuk gigi yang dimiliki maka hewan tersebut adalah….

9. Berdasarkan gambar di atas, berdasarkan bentuk gigi yang dimiliki maka hewan tersebut adalah….
a. karnivora
b. omnivora
c. herbivora
d. insektivora




10. Jika suatu ekosistem digambarkan dalam suatu rangkaian perpindahan energi maka akan membentuk gambar bangunan seperti piramida dan kita menyebutnya piramida makanan. Pernyataan di bawah ini yang benar tentang piramida makanan adalah ….
a. herbivor akan menempati dasar piramida
b. manusia akan ada di puncak piramida
c. omnivora akan ada di puncak piramida
d. produsen merupakan organisme pioneer

11. Makanan harus diedarkan ke seluruh bagian tubuh tanaman, tetapi tidak semua tumbuhan memiliki pembuluh untuk mengangkut makanan. Tumbuhan berikut yang tidak memiliki berkas pembuluh adalah …
a. anggrek
b. lumut
c. paku
d. tumbuhan hijau

Urutan aliran darah kotor (miskin oksigen) pada gambar peredaran darah besar ditunjukkan nomor .…

12. Perhatikan gambar berikut !    
Urutan aliran darah kotor (miskin oksigen) pada gambar peredaran darah besar ditunjukkan nomor .…
a. 1 – 3  – 9 – 5 
b. 2 – 4  – 7 – 6 
c. 5 – 10– 2 – 4 
d. 8  – 1 – 3 – 9 


13. Ada penyakit yang merusak paru-paru misalnya TBC, seorang yang menderita penyakit tersebut biaasanya mudah tersengal-sengal. Hal ini disebabkan karena ….
a. otot-otot rusuknya sering kontraksi untuk meningkatkan frekuensi pernapasan
b. saluran pernapasan tersumbat lendir
c. tubuh memerlukan oksigen lebih banyak dari biasanya
d. volume paru-parunya menurun

14. Rematik disebabkan karena …
a. Faktor genetik
b. Faktor gaya hidup
c. Faktor penurunan fungsi sendi
d. Faktor kecelakaan

15. Pemanasan global diakibatkan meningkatnya gas rumah kaca. Salah satu gas rumah kaca berupa karbon. Untuk itu perlu adanya ekosistem yang dapat mengurangi kadar karbon. Berikut merupakan ekosistem yang dapat menyerap karbon paling banyak adalah….
a. Hutan tropis
b. Savana
c. Stepa
d. Tundra

16. Hasil industri yang dapat dimanfaatkan untuk biogas beberapa diantaranya adalah limbah dari proses pembuatan ...
a. Tempe, tahu, dan udang
b. Tempe, pindang, dan kerupuk
c. Tempe, tahu, dan ikan pindang
d. Tempe, tahu,dan saus


17. Pohon mangga, pepaya, rambutan, dan kacang tanah dikelompokkan menjadi satu berdasarkan ….
a. jenis akar
b. jumlah biji
c. jenis batang
d. pertulangan daun

Berdasarkan ketinggiannya, berikut contoh tumbuhan yang termasuk kelompok tumbuhan sebagaimana gambar di atas adalah….
18. Berdasarkan ketinggiannya, berikut contoh tumbuhan yang termasuk kelompok tumbuhan sebagaimana gambar di atas adalah….
a. Markisa       
b. Rotan
c. Jambu 
d. Labu

19. Manfaat biogas untuk keperluan sehari-hari digunakan untuk ...
a. Energi untuk kompor
b. Bahan penyubur tanaman
c. Energi untuk pembangkit listrik
d. Bahan baku industry

20. Berikut ini merupakan fungsi rangka manusia, kecuali . . . .
a. melindungi alat tubuh yang penting
b. sebagai alat gerak aktif
c. tempat melekatnya otot
d. menegakkan dan memberi bentuk tubuh


Latihan soal

Jangan ragu untuk mencoba menjawab setiap soal dengan sungguh-sungguh. Latihan ini disajikan dalam bentuk Google Form. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mulai menjawab soal:
   

Penutup

Pastikan Anda memberikan jawaban yang tepat dan teliti. Setelah selesai menjawab semua soal, Anda akan dapat melihat skor Anda serta mendapatkan umpan balik yang berguna untuk meningkatkan pemahaman Anda. Semoga latihan ini bermanfaat bagi Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi OSN IPA SD. Selamat mengerjakan dan tetap semangat! Semoga bermanfaat. 


Tertarik mencoba soal lainnya?

1 komentar:

silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Terbaik Untuk Pengunjung

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS Pengertian Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah merupakan for...

Postingan Terpopuler