Selasa, 02 April 2024

Formulir D Observasi Praktik Pembelajaran Guru Yang Sudah Terisi

Halo Sobat Cikgu Penerang!
Kali ini Cikgu Penerang akan membantu sobat semua dalam melakukan pengisian formulir D Observasi Praktik Pembelajaran Guru dalam pembelajaran.
Apa itu formulir D? Formulir D merupakan bagian lembar observasi praktik pembelajaran yang membantu dalam pengisian dokumen diskusi tindak lanjut di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Contoh formulir D Observasi Kinerja

Contoh formulir D Observasi Kinerja

Bagian-bagian formulir D

Sama halnya pada formulir C, pada formulir D ini terdapat 3 bagian yaitu bagian identitas, bagian yang diisi oleh guru, dan bagian yang diisi oleh kepala sekolah.

A. Bagian identitas

Bagian identitas pada form D ini masih sama seperti pada formulir sebelumnya baik pada formulir A, formulir B maupun formulir C yang terdiri dari identitas guru, identitas kepala sekolah, periode, tempat, waktu, dan tujuan observasi.



B. Bagian yang diisi guru

Bagian yang diisi guru dalam formulir D ini meliputi kategori, tujuan tindak lanjut, upaya tindak lanjut, waktu, kebutuhan dukungan, capaian, tantangan, dan upaya peningkatan.
  1. Kategori, merupakan bagian yang dibagi menjadi dua yaitu pilihan belajar melalui PMM maupun pilihan lainnya yang mendukung peningkatan kompetensi guru. Dan paa bagian ini, Anda hanya cukup menyalin dari formulir C.
  2. Tujuan tindak lanjut, merupakan bagian yang berisi tujuan dilaksanakan tindak lanjut hasil observasi pembelajaran. Pada bagian ini, Anda juga cukup menyalinnya saja dari formulir C.
  3. Upaya tindak lanjut, merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kompetensi yang dirasa masih butuh untuk ditingkatkan melalui PMM atau pun kegiatan pengembangan kompetensi lainnya. Di bagian ini, Anda juga hanya perlu menyali lagi dari formulir C.
  4. Waktu, merupakan periode pelaksanaan tindak lanjut akan dilaksanakan. Pada bagian ini pun, Anda cukup menyalinnya lagi dari formulir C.
  5. Kebutuhan dukungan, merupakan bagian yang diisi berupa kebutuhan dan dukungan yang dipilih sesuai dengan apa yang ada di PMM. Bagian ini merupakan bagian terakhir yang Anda salin dari formulir C.
  6. Capaian, merupakan sesuatu yang telah dicapai setelah melaksanakan tindak lanjut.
  7. Tantangan, merupakan kesulitan, kendala atau hambatan yang dialami selama melaksanakan tindak lanjut hasil observasi pembelajaran.
  8. Upaya peningkatan, merupakan upaya yang dilakukan guru selama melakukan tindak lanjut serta mengatasi tantangan yang ada selama melaksanakan tindak lanjut observasi.


C. Bagian yang diisi kepala sekolah

Bagian yang diisi kepala sekolah dalam formulir D ini meliputi respon dan catatan.
Pada bagian respon kepala sekolah menentukan apakah guru berada pada kategori tidak sadar kesulitan, sadar kesulitan, maupun sadar kesulitan dan dampaknya bagi siswa.
Sedangkan di bagian catatan merupakan saran atau rekomendasi kepada guru bagaimana guru memperbaiki kompetensi-nya agar menjadi lebih baik.

Untuk menambah pemahaman tentang pengisian formulir D ini, silakan simak dokumen berikut ini:

 
Semoga bermanfaat.

Ingin panduan lengkap pengelolaan kinerja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Terbaik Untuk Pengunjung

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS Pengertian Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah merupakan for...

Postingan Terpopuler