Senin, 11 Maret 2024

Formulir A Observasi Praktik Pembelajaran Guru yang sudah terisi

Formulir A merupakan bagian dari lembar observasi praktik pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam menyusun diskusi persiapan observasi guru melalui PMM. 

Contoh Formulir A Observasi Kinerja

Formulir A Observasi Kinerja Guru yang sudah terisi

Bagian-bagian Formulir A

Formulir A memiliki beberapa bagian yang penting dan perlu kita pahami. Bagian-bagian tersebut diantaranya bagian identitas dan bagian isi.

A. Bagian identitas

Bagian identitas terdiri dari beberapa bagian diantaranya:

  1. Nama guru, merupakan bagian yang berisi nama guru yang diobservasi
  2. Nama Kepala sekolah, merupakan bagian nama penjabat penilai kinerja yaitu kepala sekolah di satuan pendidikan tempat guru bekerja
  3. Periode, merupakan waktu pelaksanaan kinerja yaitu periode Januari-Juni atau Juli-Desember.
  4. Tempat, merupakan nama sekolah tempat dilaksanakan observasi kinerja
  5. Tujuan merupakan bagian dari tahapan diskusi persiapan yang meliputi 1) guru dan Kepala Sekolah menyepakati target perilaku yang akan diobservasi dan upaya belajar untuk menampilkan perilaku itu secara efektif, dan 2) Guru dan Kepala Sekolah menyepakati jadwal observasi kinerja beserta kelengkapan yang dibutuhkan dalam melakukan observasi kinerja Guru.

Baca juga: Formulir B Observasi Kinerja yang sudah terisi 

B. Bagian isi

Pada bagian isi formulir A ini terdiri dari Rencana Hasil Kerja (RHK), target perilaku, upaya mempelajari, rencana observasi kinerja, dan catatan. 

  1. RHK guru merupakan pilihan yang harus dipilih oleh guru. Jumlah RHK yang telah disiapkan Kemendikbudristek sejumlah 8 buah dan terbagi menjadi 3 dimensi yaitu metode pembelajaran, dukungan psikologi, dan manajemen kelas.
  2. Kemudian target perilaku diturunkan dari masing-masing RHK yang dipilih. Ada 3 terget perilaku untuk masing-masing RHK yang dipilih. Target perilaku tersebut tidak perlu mengisi sendiri melainkan cukup melihat dalam rubrik observasi yang disediakan di Platform Merdeka Mengajar (PMM)
  3. Upaya mempelajari merupakan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan terget perilaku dari RHK yang dipilih.
  4. Sedangkan rencana observasi merupakan rencana kegiatan observasi praktik pembelajaran guru di dalam kelas yang meliputi mata pelajaran dan kelas, waktu pelaksanaan, serta dokumen pendukung yang perlu disiapkan oleh guru.
  5. Bagian catatan lain merupakan catatan yang diberikan oleh kepala sekolah kepada guru mengenai RHK yang dipilih oleh guru. 

Selanjutnya untuk memudahkan memahami Formulir A tersebut, silakan untuk melihat dokumen berikut:

 
Semoga bermanfaat.

Ingin panduan lengkap pengelolaan kinerja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Terbaik Untuk Pengunjung

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS Pengertian Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah merupakan for...

Postingan Terpopuler