Jumat, 22 Maret 2024

Panduan FLS2N SD Tahun 2024 Edisi Revisi

Hal Sobat Cikgu Penerang.
Sebelumnya di bulan Januari Pusat Prestasi Nasional telah merilis Panduan FLS2N SD Tahun 2024, ya. Namun, panduan tersebut masih belum bersifat final, karena masih ada beberapa materi lomba yang belum disampaikan secara detail.
Pada juknis sebelumnya, materi lomba FLS2N cabang menyanyi tunggal atau solo vokal belum disampaikan dengan rinci. Begitu juga tema dalam materi FLS2N pada cabang pantomim, masih belum juga disampaikan.
Nah pada posting artikel ini, Cikgu Penerang akan menyampaikan panduan final dari FLS2N SD tahun 2024. So, baca sampai akhir ya agar tidak gagal paham.

Panduan FLS2N SD Tahun 2024

Panduan FLS2N SD Tahun 2024 Edisi Revisi

Jenis Lomba yang dipertandingkan

FLS2N merupakan cabang lomba yang mempertandingkan bakat dan kemampuan siswa dalam bidang seni. Pada tahun 2024 ini, lomba FLS2N kembali dihelat oleh Pusat Prestasi Nasional bersama Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). 
Adapun cabang lomba yang dipertandingkan dalam FLS2N SD tahun 2024 ini meliputi:
  1. Menyanyi tunggal
  2. Pantomim
  3. Kriya
  4. Gambar bercerita
  5. Seni Tari

Materi lomba

Tahun 2024, ini materi lomba mengalami sedikit perubahan dibandingkan pada penyelenggaraan tahun sebelumnya. Ada beberapa perubahan pada materi maupun tema lomba.
Perubaha yang terjadi diantaranya pada cabang menyanyi tunggal dan pantomim, sedangkan untuk cabang gambar bercerita dan kriya masih sama dengan tahun sebelumnya.
Lanjut saja, untuk lebih jelasnya materi masing-masing lomba sebagai berikut:

A. Menyanyi tunggal

Materi lomba menyanyi tunggal sebagai berikut:
(1) Lagu wajib pilihan; adalah lagu yang telah ditentukan oleh tim juri nasional.
(2) Lagu pilihan; adalah lagu yang telah ditentukan oleh tim juri nasional.
(3) Peserta diperbolehkan menyanyikan lagu wajib pilihan yang sama pada babak semi final maupun final.

Materi lagu wajib pilihan:
(a) Untuk Tuhan (karya: Mhala dan Tantra Numata), dipopulerkan oleh: Naura Ayu
(b) Bintang-bintang (karya: Elfa Secioria dan Mira Lesmana), dipopulerkan oleh Sherina.
(c) Andai Kupunya Sahabat (karya Amron T dan Dian A.H), dipopulerkan oleh Alika dan Karina AFI).

Materi lagu pilihan:
(a) Bully (karya: Mhala dan Tantra Numata), dipopukerkan oleh: Naura Ayu
(b) Aku Bisa (karya Seli T Pontoh), dipopulerkan oleh AFI JUNIOR

B. Pantomim

Materi lomba pantomim sebagai berikut:
  1. Tema cerita pantomim adalah “Balonku” tentang pengalaman bermain dengan balon, sesuai kreatifitas masing-masing peserta didik.
  2. Materi pantomim yang ditampilkan berakar pada budaya bangsa Indonesia dan tidak menyinggung PARAS (Pornografi, Agama, Ras, Antar golongan, dan Suku).
  3. Peserta wajib menyerahkan sinopsis pantomim dan menyertakannya dalam bentuk doc. Atau pdf saat registrasi, dengan mencantumkan (JUDUL PANTOMIM – SINOPSIS – SD/SEDERAJAT – NAMA PESERTA - PROVINSI - KAB./KOTA – SEKOLAH - SINOPSIS)


C. Kriya

Materi lomba kriya sebagai berikut
a. Tema dan Materi Lomba
“Pengembangan mainan anak-anak tradisional dengan merdeka berkreasi menjalin tradisi untuk merajut kreasi masa depan”. Kreasi inovatif - karya kriya yang diadaptasi dari alat bermain, atau media permainan tradisional - material alami dipadukan secara teknis dengan tepat dengan material industri, atau fabrikasi – yang diolah dengan ketrampilan tertentu, secara tekun, serta ketelitian untuk menghasilkan sebuah karya baru. Produk kriya berupa sebuah alat permainan yang unik, dapat bermanfaat sebagai produk fungsional, sekaligus memiliki nilai estetik.
b. Dimensi Karya
Produk berupa alat permainan tiga dimensional (3D) dengan ukuran dimensi kurang-lebih 50cm X 50 Cm atau disesuaikan besar tubuh anak jika produk mainan berhubungan dengan fungsi pada tubuh.
c. Medium & Teknik
Material yang digunakan didominasi oleh material alam; seperti kayu, rotan, bambu, serat-seratan, dedaunan, bebatuan, keramik, kulit, dsb. Kemudian dikombinasikan dengan material industri, atau fabrikasi; seperti tali plastik, lembar karet, busa, kertas, styrofoam, dan sebagainya. Pengolahan material dilakukan secara kreatif dengan teknik keterampilan dan metode kerja pengolahan material yang lazim dilakukan oleh lingkungan tradisi setempat untuk menghasilkan nilai guna tertentu, nilai keunikan, serta capaian nilai estetika – tanpa menambahi dengan penggunaan material pewarna sintetik yang menutupi karakter khas material alam yang digunakan. Karya Kriya Tingkat Nasional boleh memasukkan unsur anyaman dengan teknik bebas yang disatupadukan sebagai kombinasi olahan estetik, aksen, konstruksi, atau lainnya sesuai konsep.

D. Gambar bercerita

Materi gambar bercerita sebagai berikut
a. Gambar Hitam Putih
Mari mengkhayal andaikan kamu menjadi salah satu tokoh yang paling kamu sukai bersama teman-temanmu dalam Cerita/Film/ Komik/Game/ Anime/Webtone (pilih salah satu) yang paling kamu sukai. Lalu Gambarkan dirimu sebagai salah satu tokohnya.
b. Gambar Berwarna
Imajinasikan andaikan kamu sedang berada di angkasa dan melihat Bumi dan dibumi kamu bisa melihat hutan, gunung, laut, binatang, kesibukan jalan raya dan kendaraan di kota tempat kamu dan keluarga serta teman-temanmu tinggal

E. Seni Tari

Materi lomba seni tari sebagai berikut:
a. Tema
Tema karya tari mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan;
1) Ide / Gagasan Tema :
Tema karya tari mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan; Garapan tari berdasarkan ide atau gagasan yang bersumber pada kehidupan sehari-hari anak baik di lingkungan sosial, budaya, tradisi, dongeng, hikayat, cerita rakyat, atau lainnya. Tema dapat dijadikan sebagai sumber garap pada gerak tari.
2) Teknik Gerak Tari
Garapan tari ditampilkan sesuai dengan teknik gerak yang dikembangkan, serta memiliki pengolahan ruang, waktu, dan tenaga sesuai dengan tema.
3) Penampilan
Garapan tari ditampilkan dengan menggunakan tata rias, tata busana, serta pengolahan ruang pentas secara efektif dan efisien sehingga terekspresikan makna dan tujuan ide yang ingin disampikan melalui harmonisasi penampilan tari secara keseluruhan.
4) Kreativitas
Garapan tari merupakan wujud kreativitas yang memiliki nilai kebaruan dan inovasi baik ragam gerak yang dikembangkan, musik iringan, serta sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak yang menarikan

Dokumen panduan FLS2N SD tahun 2024

Untuk lebih jelasnya mengenai panduan lomba tersebut, Sobat Cikgu penerang bisa csimak dokumen berikut:
 

Penutup

Semoga dokumen Panduan FLS2N SD Tahun 2024 revisi ini dapat membantu Sobat Cikgu Penerang dalam mempersiapkan siswa-siswi terbainya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Semoga sukses dan mendapat hasil sesuai dengan kerja keras Sobat semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Terbaik Untuk Pengunjung

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS Pengertian Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah merupakan for...

Postingan Terpopuler