Minggu, 03 Maret 2024

Latihan PSTS IPAS SD Kelas 5 Bagian 1

Halo Sobat Cikgu Penerang! 

Pada bagian ini, disajikan contoh 20 soal pilihan ganda PSTS IPAS SD Kelas 5 yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi yang ada. Kamu dapat mnegerjakan soal ini berkali-kali agar kamu menjadi lebih paham tiap soalnya.

Latihan PSTS IPAS SD Kelas 5 Bagian 1

Latihan PSTS IPAS SD Kelas 5 Bagian 1


Contoh soal

Jika Anda ingin mengcopy soal
1. Andi sedang berolahraga dengan berlari selama 30 menit. Perhatikan ilustrasi berikut:
Saat menghirup udara, otot diafragma berkontraksi dan rongga dada membesar.
Udara yang masuk kaya akan oksigen dan dikeluarkan melalui alveoli.
Oksigen di alveoli diikat oleh hemoglobin dalam sel darah merah.
Karbon dioksida dari sel tubuh dilepaskan ke alveoli dan dikeluarkan saat menghembuskan napas.
Berdasarkan ilustrasi di atas, apa akibat dari proses bernapas yang terjadi pada Andi setelah berolahraga selama 30 menit?
A. Denyut nadi dan pernapasan Andi menjadi lebih cepat.
B. Tubuh Andi terasa dingin dan menggigil.
C. Otot-otot Andi terasa lemas dan tidak bertenaga.
D. Wajah Andi memerah dan berkeringat.
2. Perhatikan ilustrasi berikut:
- Saat menghirup udara, diafragma berkontraksi dan bergerak turun.
- Saat menghembuskan udara, diafragma berelaksasi dan bergerak naik.
- Kontraksi diafragma memperbesar volume rongga dada.
- Relaksasi diafragma memperkecil volume rongga dada.
Berdasarkan ilustrasi di atas, bagaimana posisi diafragma saat Andi sedang menghembuskan napas?
A. Diafragma berelaksasi dan bergerak naik.
B. Diafragma berkontraksi dan bergerak turun.
C. Diafragma berkontraksi dan bergerak mendatar.
D. Diafragma berelaksasi dan bergerak mendatar.
3.Seorang pasien datang ke dokter dengan keluhan batuk berdahak berwarna kuning kehijauan, sesak napas, dan nyeri dada. Pasien juga merasa demam dan kelelahan.
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, kemungkinan pasien mengalami gangguan pernapasan apa?
A. Pneumonia 
B. Bronkitis
C. Asma
D. Tuberkulosis
4.Setelah menelan makanan, bagaimana proses gerak peristaltik mendorong makanan dari kerongkongan ke lambung?
A. Otot-otot di kerongkongan berkontraksi dan berelaksasi secara berurutan, mendorong makanan ke bawah.
B. Makanan didorong ke bawah oleh tekanan udara di dalam rongga dada.
C. Makanan ditarik ke bawah oleh gravitasi.
D. Makanan didorong ke bawah oleh gelombang peristaltik yang bergerak dari atas ke bawah.
5.Perhatikan gambar sistem pencernaan berikut:
Panah pada gambar menunjukkan organ pencernaan yang berfungsi untuk:
A. Menyerap air dan zat gizi dari sisa makanan. (usus besar)
B. Menyimpan dan mengeluarkan feses.
C. Mencerna protein dan karbohidrat.
D. Mencampur makanan dengan enzim pencernaan.
6.Seorang anak berusia 5 tahun mengalami diare, yaitu buang air besar dengan feses yang encer dan berair lebih sering dari biasanya. Diare disertai dengan muntah dan sakit perut. Berdasarkan ilustrasi tersebut, jenis gangguan pencernaan yang dialami anak tersebut adalah:
A. Gastroenteritis
B. Konstipasi
C. Gastritis
D. Ulkus peptikum
7.Perhatikan siklus pertumbuhan manusia berikut
- 1.Tumbuh gigi permanen.
- 2.Mulai menstruasi/mimpi basah.
- 3.Berhenti tumbuh tinggi.
- 4.Belajar berbicara dan berjalan.
Urutan peristiwa berikut berdasarkan siklus pertumbuhan manusia yang tepat adalah …
A. 4, 1, 2, 3
B. 3, 2, 1, 4
C. 1, 4, 2, 3
D. 2, 3, 4, 1
8.Masa peralihan dari anak-anak menuju remaja dan dewasa disebut:
A. Pubertas
B. Akil Balig
C. Remaja
D. Dewasa
9.Berikut ini yang bukan ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki yaitu:
A. Payudara membesar dan terasa sensitif.
B. Suara menjadi lebih berat dan pecah.
C. Tumbuhnya rambut di area kemaluan dan ketiak.
D. Dada menjadi lebih lebar
10.Berikut ini yang bukan perilaku dalam menghadapi masa pubertas yaitu:
A. Merasa malu dan menutup diri dari orang lain
B. Berkomunikasi terbuka dengan orang tua atau orang dewasa yang terpercaya.
C. Mencari informasi tentang pubertas dari sumber yang terpercaya.
D. Menjaga kebersihan diri dan kesehatan dengan baik.
11.Perhatikan peta berikut:
Tanda panah pada peta menunjukkan bagian yang berfungsi untuk:
A. Menunjukkan arah mata angin.
B. Menunjukkan lokasi suatu tempat.
C. Menjelaskan legenda peta.
D. Memperbesar atau memperkecil skala peta.
12.Letak Indonesia secara astronomis yaitu:
A. 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT
B. 95° BT - 141° BT dan 6° LU - 11° LS
C. 0° - 6° LU dan 95° - 141° BT
D. 0° - 6° LS dan 95° - 141° BT
13.Negara ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- 1.Terletak di antara dua benua dan dua samudra.
- 2.Memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia.
- 3.Dihuni oleh lebih dari 17.000 pulau.
- 4.Memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.
Sebutan bagi negara tersebut berdasarkan ciri-ciri di atas adalah:
A. Zamrud Khatulistiwa
B. Negara Kepulauan
C. Negara Agraris
D. Negara Maritim
14.Berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi keanekaragaman hayati di Indonesia:
- 1.Letak geografis di antara dua benua dan dua samudra.
- 2.Iklim tropis dengan curah hujan tinggi.
- 3.Adanya berbagai macam habitat, seperti hutan hujan, sabana, dan gunung.
- 4.Adanya pulau-pulau yang terisolasi.
Faktor utama yang menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tinggi adalah:
A. Letak geografis
B. Iklim tropis
C. Habitat yang beragam
D. Pulau-pulau yang terisolasi
15.Batas wilayah Asiatis dan wilayah peralihan dipisahkan oleh garis yang disebut:
A. Garis Wallace
B. Garis Weber
C. Garis Lydekker
D. Garis Rafflesia
16.Flora di wilayah peralihan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- 1.Memiliki daun yang lebih lebar dan tipis dibandingkan flora di wilayah Asiatis.
- 2.Memiliki batang yang lebih tinggi dan kokoh dibandingkan flora di wilayah Australis.
- 3.Memiliki banyak bunga dengan warna yang cerah.
- 4.Memiliki banyak jenis pohon penghasil kayu keras.
Contoh flora tipe peralihan yang dimaksud adalah:
A. Meranti
B. Anggrek
C. Rafflesia
D. Kantong Semar
17.Tumbuhan kumis kucing memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah:
A. Mengatasi batu ginjal
B. Meningkatkan kesuburan
C. Memperkuat tulang
D. Menghilangkan jerawat
18.Tumbuhan kumis kucing memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah:
A. Mengatasi batu ginjal
B. Meningkatkan kesuburan
C. Memperkuat tulang
D. Menghilangkan jerawat
19.Berikut ini adalah beberapa contoh sumber daya alam:
- 1.Hutan
- 2.Air
- 3.Minyak bumi
- 4.Ikan
- 5.Hewan ternak
- 6.Batu bara
Dari contoh-contoh sumber daya alam di atas, manakah yang termasuk sumber daya alam biotik?
A. Hutan, Ikan, hewan ternak
B. Hutan, Ikan, Batu bara
C. Air, Minyak bumi, Batu bara
D. Ikan, Hewan ternak, Batu bara
20.Berikut ini adalah beberapa tindakan manusia yang dapat memengaruhi keberagaman hayati:
- 1.Penebangan hutan secara liar
- 2.Pembangunan infrastruktur
- 3.Perburuan liar
- 4.Pencemaran lingkungan
Manakah tindakan manusia yang paling besar pengaruhnya terhadap pengurangan keberagaman hayati?
A. Penebangan hutan secara liar
B. Pembangunan infrastruktur
C. Perburuan liar
D. Pencemaran lingkungan


Latihan soal

Silakan berlatih dengan mengisi google form berikut.
 




Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Terbaik Untuk Pengunjung

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS Pengertian Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah merupakan for...

Postingan Terpopuler