Sabtu, 10 Juni 2023

Contoh SK PPDB 2023/2024

Contoh Surat Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru (SK PPDB) 2023/2024 - adalah salah satu dokumen penting yang perlu kita persiapkan sebelum memulai tahun ajaran baru. 

PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru akan segera dimulai. Tentunya sebagai instansi yang baik kita harus mempersiapkan dengan sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan melakukan pembagian tugas yang proporsional.

Contoh SK Penerimaan Peserta Didik Baru

contoh sk ppdb 2023/2024

Apa arti penting adanya SK PPDB?

Penyusunan
SK PPDB memiliki peran penting dalam menjalankan proses penerimaan siswa baru di sekolah.

SK tersebut menjadi dasar hukum yang mengatur prosedur, kriteria, dan mekanisme seleksi peserta didik baru, sehingga memastikan transparansi, keadilan, dan akuntabilitas dalam proses tersebut.

Tanpa SK yang jelas, proses PPDB bisa menjadi kacau dan menimbulkan ketidakpuasan serta ketidakadilan di antara peserta didik, orang tua, dan sekolah.

Baca juga: Contoh SK Satgas Anti Rokok di Sekolah

Panitia PPDB memiliki fungsi vital dalam pelaksanaan proses tersebut. Mereka bertugas merancang, mengelola, dan mengevaluasi proses penerimaan siswa baru sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam SK PPDB. Fungsi panitia mencakup pengumuman informasi tentang pendaftaran, verifikasi dokumen, pelaksanaan ujian atau seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi.

Panitia juga berperan dalam menangani keluhan dan memberikan solusi atas permasalahan yang muncul selama proses PPDB. Dengan demikian, keberadaan SK PPDB dan panitia yang profesional menjadi landasan untuk menciptakan proses penerimaan siswa baru yang adil, transparan, dan efisien bagi semua pihak yang terlibat.


Dasar Hukum Pembentukan Penerimaan Peserta Didik Baru

Setiap tahun peraturan yang mendasari penerimaan peserta didik mengalami perkembangan dan perubahan. Namun, beberapa peraturan masih ada yang relevan dan dipakai hingga sekarang. 

Berikut contoh peraturan yang dapat digunakan dalam penerimaan peserta didik baru:

  1. Undang–Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan
  4. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
  5. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

Dokumen SK PPDB

Nah, Sobat Cikgu Penerang dapat melakukan pembagian tugas tersebut melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah. Kali ini, Cikgu Penerang akan memberikan contoh SK PPDB tahun ajaran 2023/2024.

Anda dapat melihat Contoh SK PPDB Tahun Ajaran 2023/2024 melalui dokumen di bawah ini:
 

Penutup

Semoga adanya contoh SK PPDB ini memberikan gambaran bagi Sobat Cikgu Penerang di manapun berada. Dan semoga contoh ini memberikan manfaat bagi Sobat semuanya. Salam bangkit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Terbaik Untuk Pengunjung

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS

Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja KS Pengertian Formulir A Diskusi Persiapan Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah merupakan for...

Postingan Terpopuler